Pages

Minggu, 21 Februari 2010

Anak SD Belajar Pakai Masker Gara-Gara Bau Ayam



KursiTerbalik.com - Jember - Gara-gara berdekatan dengan peternakan ayam, para siswa SD Negeri Bintoro 2 terpaksa belajar dengan mengenakan masker. Mereka merasa terganggu dengan bau kotoran dari 750 ekor ayam yang menghuni peternakan tersebut.

Neneng Sriworo, Kepala SDN Bintoro 2, mengatakan, pihaknya sudah berkali-kali mengajukan keluhan kepada pemilik peternakan. Kebetulan, Fredi, sang pemilik peternakan, adalah salah satu guru di sekolah itu. Namun, peringatan itu seolah membentur angin. Alhasil pihak sekolah terpaksa menyediakan masker untuk para murid. "Pak Kepala Dinas Pendidikan sudah memerintahkan keluhan ini ditindaklanjuti," katanya.

Pihak sekolah dan Komite Sekolah sempat bertemu dengan pemilik peternakan. Kepala desa setempat juga diajak. Awalnya, disepakati peternakan itu harus direlokasi dalam waktu tiga bulan. Jika tidak, maka ayam-ayam di peternakan itu harus dijual. "Tapi hingga 4 bulan belum ada tindak lanjut," kata Hasan, Ketua Komite SDN Bintoro 2.

Fredi, pemilik peternakan, mengaku sudah berupaya mengurangi bau dari peternakan. Ia menduga, bau menyengat berasal dari ternak bebek. Ketika baru didatangkan, bau bebek memang sangat menyengat.

Fredi akan membangun pagar keliling agar tak mengganggu warga sekitar. "Pembersihan kandang setiap hari. Tapi ada karyawan yang tidak masuk, sehingga beberapa hari ini pembersihan dua hari sekali," katanya. Ia berjanji akan segera memperbaiki saluran pembuangan limbah. [jb 3]


(jurnalbesuki.com)

0 comments: