Pages

Minggu, 21 Februari 2010

Alonso: Ferrari F10 Mobil Terbaik yang Pernah Saya Kendarai

KursiTerbalik.com - Fernando Alonso mengakui, Ferrari F10 merupakan mobil terbaik yang pernah dikendarainya. Pebalap Spanyol ini juga menyatakan, meskipun demikian "The Prancing Horse" belum menunjukkan apa yang bisa dilakukannya.

Memang, Ferrari menunjukkan perkembangan yang signifikan. Setelah musim lalu mereka terseok-seok dan nyaris tenggelam sehingga kalah bersaing, kini "si Kuda Jingkrak" mulai bangkit lagi. Malah, mereka menguasai tes pra-musim pertama di Valencia pada awal bulan ini, karena selalu menjadi yang tercepat selama empat hari latihan.

Sayang, di Jerez performa Ferrari tak sebagus di Valencia karena dalam dua pekan ujicoba pra-musim di sini (Jerez), Ferrari seperti tenggelam oleh kehebatan McLaren, Renault dan Red Bull Racing. Meskipun demikian, Alonso mengakhiri tes akhir pekan ini dengan kepercayaan diri yang tinggi.

"Tak ada alasan untuk pesimistis," ungkap mantan juara dunia F1 2005 dan 2006 ini kepada media Spanyol, Sabtu (20/2/10), usai latihan hari terakhir di Jerez. "Ini merupakan mobil terbaik yang pernah saya kendarai," tambah mantan pebalap Renault dan McLaren tersebut.

Mengambilalih kokpit Ferrari dari rekan setimnya Felipe Massa, pada hari Jumat (19/2), Alonso bisa menikmati latihan dalam cuaca yang bagus di Jerez pada akhir pekan ini. Tak heran jika dia bisa menyelesaikan banyak lap, mencapai total 269, selama dua hari.

"Cuaca panas selama dua hari saat saya lakukan tes dan treknya kering, sehingga saya bisa bekerja lebih banyak dari yang saya bayangkan. Ini membuat saya senang," ujarnya. "Kami telah melakukan pekerjaan bagus dalam hal kemampuan."

Meskipun optimistis dengan kemampuan Ferrari, Alonso tetap memperhitungkan para rivalnya. Hanya saja, Alonso ingin menyampaikan bahwa sejauh ini Ferrari belum menunjukkan potensi yang sebenarnya.

"Red Bull, McLaren dan Renault sangat cepat dan mereka sudah memperlihatkan kartunya, sedangkan kami masih menyembunyikannya. Kami akan menganalisa data, tetapi kami sangat optimistis. Setelah hari ini, jika saya berada di tim berbeda, saya akan melihat Ferrari karena semuanya berjalan dengan baik.

"Mungkin, Ferrari perlu perbaikan pada short runs dengan bahan bakar sedikit. Itulah di mana Red Bull dan McLaren lebih cepat, sehingga akan menjadi referensi untuk percobaan dan perbaikan bagi F10 pada tes berikutnya di Barcelona."

Pernyataan Alonso ini muncul setelah pebalap McLaren Jenson Button mengatakan bahwa dirinya sangat memperhitungkan Ferrari. Juara dunia 2009 itu menuturkan, Ferrari adalah tim yang harus dikalahkan.

"Saya pikir Ferrari adalah mobil yang sangat kuat," ujar Button kemarin. "Jika kamu melihat penampilannya hari ini, mereka sangat konsisten. Saya pikir saat ini mereka tim yang paling konsisten," tambah pebalap Inggris tersebut.

sumber : kompas.com

0 comments: