Pages

Rabu, 24 Februari 2010

400 Tahun Wafatnya Matteo Ricci di Beijing Diperingati

KursiTerbalik.com - Sebuah Provinsial Jesuit di Amerika Serikat menjalin persahabatan antara sarjana China dan Amerika sebagai cara untuk menandai peringatan 400 tahun wafatnya Pastor Matteo Ricci di Beijing, China tahun 1610.

Matteo Ricci adalah pastor Jesuit Italia (lahir di Macerata, Italia 6 Oktober 1552- meninggal di Beijing, China 11 Mei 1610) yang melakukan aktivitas misionaris selama pemerintahan Dinasti Ming pada abad ke-17 dan 18. Gereja yang dibangun Ricci masih merupakan gereja Katolik terbesar yang selamat dari Revolusi Kebudayaan.

Publikasi pertama Pastor Ricci dalam bahasa China klasik pada tahun 1505 merupakan risalah tentang Persahabatan. Metodologinya adalah melakukan inkulturasi Kristen melalui rasa hormat terhadap kebudayaan lokal dan pembentukan hubungan personal.

Provinsial Jesuit di California, Amerika melihat Program Malatesta pekan ini dengan harapan ini akan berlanjut pada pertukaran orang per orang. Tujuan program ini adalah mempromosikan kolaborasi akademik dalam wilayah teologi dan menggabungkan disiplin ilmu melalui pertukaran antara mahasiswa di tiga universitas binaan Jesuit di California, Amerika dan mahasiswa dari universitas terpilih di China.
Program ini secara khusus mendukung pengembangan program-program studi agama di China dan untuk meningkatkan penelitian teologi di China dan di universitas-universitas Jesuit di California.
Gagasan ini dimulai sejak tahun akademik 2006-2007 setelah dua staf pengajar Sekolah Teologia Jesuit diundang untuk mengajar di China. Di sana mereka bertemu dengan sejumlah pengajar dari universitas ternama di China, yang menyampaikan rencana pertukaran akademik secara antusias.

Program ini diberi nama Pastor Jesuit, Edward Malatesta, seorang sarjana alkitab yang meninggal dunia di Hongkong tahun 1998. Malatesta adalah salah satu pastor pertama dari luar China, yang mengajar di Seminari Sheshan di Shanghai tahun 1989, dan memberi kontribusi 20.000 buku untuk perpustakaan seminari tersebut.
Keterlibatan Provinsial Jesuit di California di China dimulai tahun 1928 ketika Paus Pius XI meminta komunitas Jesuit untuk menyediakan imam di China.

Program Malatesta dikelola oleh sebuah komite yang meliputi Universitas Loyola Marymount, Universitas Santa Clara, dan Universitas San Francisco (USF). Kantornya berlokasi di Ricci Institute for Chinese-Western Cultural History di Universitas San Francisco, Amerika Serikat, didirikan oleh Pastor Malatesta dan Provinsial Jesuit pada tahun 1984.

sumber : kompas.com


0 comments: