Pages

Sabtu, 20 Februari 2010

Top 10 Fenomena Dunia yang Belum Bisa Dijelaskan

The Taos Hum

Beberapa penduduk dan pendatang di kota kecil Taos, New Mexico, selama beberapa tahun terganggu dan dibuat bingung oleh sebuah dengungan frekuensi rendah misterius yang terdengar samar di udara. Anehnya, hanya sekitar 2 persen dari penghuni Taos yang dilaporkan mendengar suara tersebut. Beberapa percaya hal itu disebabkan oleh suara akustik aneh; yang lain menduganya sebagai suara histeris massa atau suatu rahasia yang mungkin untuk tujuan jahat. Walaupun beberapa sudah menganggapnya sebagai dengungan atau desiran dan apakah psikologi, alamiah, atau supernatural, namun belum ada satu orang pun yang bisa menemukan asal suara tersebut.

Bigfoot


Sudah berdekade, monster rupa manusia dengan ukuran besar dan berambut yang disebut Bigfoot dilaporkan terlihat beberapa kali oleh saksi mata di seluruh Amerika. Walaupun diperlukan ratusan Bigfoot untuk membentuk populasi untuk berkembang biak, namun tidak ada satu tubuh Bigfoot pun yang nyata ditemukan. Tidak ada satu pun yang terbunuh oleh pemburu, atau mati karena hal alamiah. Dengan tidak adanya bukti nyata seperti gigi atau tulang, maka dugaan muncul hanya dari penglihatan saksi mata dan foto serta video yang masih disangsikan validitasnya. Karena adalah mustahil secara logika membuktikan sebuah universal negative, maka ilmuwan tidak akan bisa membuktikan bahwa makhluk seperti Bigfoot dan monster Loch Ness tidak pernah ada, dan adalah mungkin bahwa makhluk-makhluk misterius ini bersembunyi dari dunia luar.

Intuisi

Apakah kita menyebutnya insting, 'indra keenam', atau yang lainnya, namun kita semua pernah mengalami atau merasakan intuisi dari waktu ke waktu. Tentu saja, walaupun insting beberapa kali salah, tapi juga insting sering kali benar. Psikolog mencatat bahwa orang secara tidak sadar mengambil informasi tentang dunia sekitar, membuat kita tampaknya mengerti atau mengetahui informasi tanpa tahu secara pasti bagaimana atau mengapa kita tahu itu. Namun kasus seperti intuisi ini sulit untuk dibuktikan atau dipelajari, dan mungkin hanya dunia psikologi yang menjadi bagian dari jawabannya.

Penghilangan Misterius

Orang menghilang untuk alasan yang beraneka. Kebanyakan adalah melarikan diri, beberapa karena diculik atau dibunuh, namun kebanyakan akhirnya ditemukan. Namun tidak sama halnya dengan penghilangan misterius yang benar-benar terjadi. Mulai dari kru Marie Celeste hingga Jimmy Hoffa, Amelia Earhart, dan Natalee Holloway, beberapa orang terlihat menghilang tanpa jejak. Ketika orang hilang ditemukan, itu terjadi sering karena usaha dari polisi, pengakuan, atau kebetulan tidak oleh 'detektif psikis'. Namun ketika fakta atau petunjuk kurang dan kehilangan jejak, bahkan polisi dan ilmuwan forensik tidak selalu bisa menyelesaikan masalah.

Hantu

Mulai dari Shakespeare memainkan "MacBeth" hingga "Medium" dari NBC show, roh-roh orang mati selalu hadir dalam budaya dan cerita rakyat. Banyak orang dilaporkan telah melihat penampakan dari bayangan aneh dan atau orang terkasih yang telah meninggal. Meskipun bukti definitif akan keberadaan hantu masih sulit dipahami, saksi mata terus melaporkan melihat, memotret, dan bahkan berkomunikasi dengan hantu. Para peneliti hantu berharap suatu hari nanti bisa membuktikan bahwa yang mati bisa melakukan kontak dengan yang hidup, dan memberikan jawaban akhir tentang misteri ini.

Deja vu

Deja vu adalah frase bahasa Perancis yang berarti 'sudah dilihat', merujuk pada hal nyata, membingungkan, dan perasaan misterius dalam mengalami sebuah keadaan spesifik sebelumnya. Seorang wanita mungkin pernah berjalan masuk ke sebuah gedung, di sebuah negara asing yang belum pernah dikunjunginya, dan merasakan bahwa keadaan di situ cukup familiar. Beberapa menghubungkan deja vu dengan pengalaman psikis atau kilasan dari kehidupan sebelumnya. Sama dengan intuisi, penelitian dalam psikologi manusia bisa memberikan penjelasan yang lebih alamiah, namun akhirnya penyebab dan alam dari fenomena itu sendiri tetap menjadi misteri.

UFO

Sudah tidak diragukan bahwa UFO (Unidentified Flying Objects) itu ada - sudah banyak orang melihat benda melayang di angkasa yang tidak bisa mereka kenali, mulai dari pesawat hingga meteor. Entah apakah objek dan sinar tersebut adalah pesawat luar angkasa asing adalah masalah lain; mengingat jarak yang fantastis dan usaha yang dilibatkan hanya untuk mencapai Bumi dari seluruh alam semesta, sebuah skenario yang tampaknya tidak mungkin. Tetap saja, sementara penyelidikan yang teliti telah mengungkapkan penyebab dari kebanyakan laporan penglihatan, beberapa insiden UFO tetap belum bisa dijelaskan.

Pengalaman Hampir Mati dan Kehidupan Setelah Mati

Orang yang hampir mati kadang melaporkan berbagai pengalaman mistik (seperti memasuki sebuah terowongan dan muncul dari cahaya, berkumpul kembali dengan orang yang dikasihi, dll) yang mungkin menimbulkan pikiran akan sebuah kehidupan di alam baka. Meskipun pengalaman seperti itu sudah banyak muncul, namun belum ada satu pun yang kembali dengan membawa bukti nyata atau informasi valid dari "alam baka". Para skeptis berpikiran bahwa pengalaman seperti itu bisa dijelaskan sebagai hal yang alamiah dan halusinasi yang bisa diprediksi yang disebabkan oleh sebuah trauma otak, namun belum ada cara untuk mengetahui dengan pasti apa penyebab dari pengalaman hampir mati, atau mungkin hal itu adalah benar-benar sebuah penglihatan dari "dunia lain".

Kekuatan Psikis dan ESP

Kekuatan pikiran dan ESP menjadi peringkat teratas dari top 10 fenomena yang tidak bisa dijelaskan jika tidak ada alasan lain bahwa mereka yang percaya sudah menyebar begitu luas. Banyak orang percaya bahwa intuisi adalah sebuah bentuk dari kekuatan psikis, suatu cara dalam menggunakan batin atau pengetahuan khusus tentang dunia atau masa depan. Peneliti telah menguji orang yang mengaku memiliki kekuatan psikis, walaupun kontrol dilakukan dalam kondisi ilmiah namun hasilnya sejauh ini adalah negatif atau ambigu. Beberapa berpendapat bahwa kekuatan psikis tidak bisa diuji. Jika hal itu benar, maka ilmuwan tidak pernah bisa membuktikan atau juga membantah keberadaan dari kekuatan psikis ini.

Koneksi Tubuh/Pikiran

Ilmu medis baru saja mulai mengerti cara bagaimana pikiran mempengaruhi tubuh. The placebo effect, sebagai contoh, menunjukkan bagaimana orang pada suatu waktu bisa sembuh dari gejala-gejala medis atau suatu penderitaan dengan cara percaya bahwa suatu cara penyembuhan bisa jadi efektif - walaupun sebenarnya itu belum pasti. Menggunakan proses yang kurang bisa dimengerti, kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri jauh lebih menakjubkan dari ilmu pengobatan modern.

0 comments: