Pages

Rabu, 06 Januari 2016

Sebuah batu safir raksasa di temukan di srilanka

Kursiterbalik.com - Pernahkah anda mendengar tentang batu safir atau bahkan melihatnya? Batu saphire adalah batuan kedua terkeras di dunia setelah berlian dengan skala 9 mochs (skala kekerasan batu). Batuan Saphire terkenal dengan keindahan dan kemahalannya. Tidak semua orang dapat dengan mudah memperoleh batu Saphire, karena harus memiliki sertifikat resmi. Namun tahukah anda, baru-baru ini di temukan sebuah batu Saphire raksasa yang konon katanya merupakan batu Saphire terbesar didunia yang pernah di temukan.

gambar 1: Batu Saphire terbesar di dunia

Seperti yang dilansir CNN batu safir terbesar di dunia ini ditemukan di Ratnapura, daerah bagian negara Srilanka sekitar bulan agustus tahun 2015 kemaren. Saking besarnya nilai karat batu tersebut diperkirakan sebesar 1,404.49 karat. Dan sudah tentu harganya tidak main-main. Menurut ahli batu mulia di kolombo,Sri lanka memperkirakan harga untuk batu Saphire terbesar di dunia ini adalah sekitar US$100 juta atau jika di rupiahkan menjadi sekitar Rp. 1,39 Triliun. , namun jika batu saphire itu benar-benar di lelang harganya bisa berlipat menjadi US$ 175 juta.

Batu saphire ini diberi nama Saphire bintang, dikarenakan keunikannya yang sering memunculkan refleksi cahaya serupa bintang jika sehabis di gosok. Untuk saat ini batu ini dimiliki oleh seseorang warga srilanka yang menolak untuk mempublikasikan identitasnya.

Oleh sang pemilik, batu saphire ini di namai dengan "the star of Adam", karena masyarakat Sri Lanka percaya bahwa Sri lanka adalah tempat Nabi Adam pertama kali datang ke dunia setelah di usir dari Surga.

Disisi lain, Sri Lanka memang terkenal sebagai negara penghasil batu mulia. Nilai ekspor batu permata Sri Lanka meningkat sekitar 135 % dalam 4 tahun terakhir. Dari US$70 juta menjadi US$165 juta, kenaikan itu dinilai karena meningkatnya pamor batu mulia dalam beberapa tahun terakhir ini. Apalagi melihat ketertarikan dunia dengan dengan peristiwa-peristiwa di dunia yang melibatkan penggunaan batu permata, seperti pertunangan kate middleton dengan pangeran William yang menggunakan batu mulia jenis ceylon blue warisan dari Putri Diana.


0 comments: