Pages

Senin, 04 Januari 2016

Mengapa anda masih merasa lelah dan gelisah setelah meminum secangkir kopi, disini penjelasannya

Kursiterbalik.com - Kopi merupakan bagian dari kehidupan umum sebagian besar pekerja Indonesia. Dengan hanya secangkir kopi anda akan merasakan seperti bertenaga kembali, apalagi jika diminum pada jam-jam dimana fatigue (kelelahan) sering menyerang. Tetapi pernahkah anda merasakah hal yang sebaliknya, setelah anda minum secangkir kopi yang anda rasakan justru merasa lelah, seperti kehabisan tenaga malah kadang dibarengi rasa sedikit pusing.
Gambar 1: Rasa Lelah setelah minum kopi

Mungkin disini sedikit penjelasan mengenai hal tersebut, di dalam otak manusia terdapat saraf neuro yang biasa disebut dengan adenosine yang fungsinya membuat anda mengantuk. Adenosine dalam tubuh ini mengirim rangsangan ke adenosine receptors , ini lah yang nanti akan membuat anda mengantuk sepanjang hari. Pada saat anda meminum secangkir kopi, kafein masuk ke dalam tubuh. Kafein berfungsi untuk memutus aliran adenosine dalam tubuh sehingga tidak sampai ke adenosine receptors. Ini lah mengapa setelah meminum kopi anda merasa seperti segar kembali, dan sangat bersemangat.

Tetapi mengapa pada sebagian orang meminum kopi justru membuat perasaan semakin gelisah, alasannya adalah pada saat anda meminum kopi, kafein akan mengaktifkan berbagai saraf dalam kelenjar pituari, kelenjar pituari adalah kelenjar yang mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Tubuh secara alami akan mendeteksi benda asing yang masuk ke dalam tubuh anda sehingga akan melepaskan hormon adrenaline. Hormon adrenaline berfungsi untuk memicu jantung berdetak lebih cepat. Ini lah alasan mengapa anda tidak disarankan meminum kopi saat anda sedang dilanda stress. Jika anda sedang di landa stress tubuh kemungkinan tidak bisa mentolerir detak jantung yang lebih cepat, sehingga menimbulkan perasaan gelisah.

Pada sebagian orang gejala negatif lain dari kafein adalah rasa lelah yang berlebihan dibarengi dengan sedikit rasa pusing, dan mata berputar-putar. Hal ini terjadi karena kurangnya cairan dalam tubuh. Untuk kalangan pekerja yang sering menggunakan tenaga otot untuk melakukan pekerjaannya seperti pekerja bangunan dan pekerja kasar biasanya mereka akan mengalami kekurangan cairan atau biasa disebut dehidrasi. Dan pada saat anda meminum kopi dalam situasi seperti ini justru membuat tubuh semakin kehilangan cairan. Darah menjadi sedikit lebih kental, karena kafeine juga turut andil dalam menyebabkan dehidrasi yang semakin parah. Pada saat darah menjadi lebih kental maka aliran darah ke otak menjadi terhambat, akibatnya anda akan merasa sedikit pusing diiringi dengan pandangan yang berkunang-kunang.

Untuk itulah pada saat anda meminum secangkir kopi, anda harus memperhatikan masalah-masalah di atas. Kopi merupakan minuman yang baik untuk tubuh, tapi dalam mengkonsumsinya anda harus memperhatikan tingkat stress anda, dan juga memperhatikan jumlah air putih yang telah anda minum. Karena jika anda tidak memperhatikan hal-hal tersebut, kopi justru bisa menjadi boomerang bagi kesehatan anda.









0 comments: