Pages

Senin, 04 Januari 2016

Irukatact, perangkat pintar untuk melihat dalam air

Kursiterbalik.com - Baru-baru peneliti Jepang merilis penemuan baru mereka yang diberi nama Irukatact. Bentuknya sama seperti sarung tangan, dan di setiap jari pemakai akan dilengkapi dengan alat yang di klaim mempunyai teknologi seperti sistem sonar yang ada pada lumba-lumba. Fungsinya adalah untuk melihat apapun yang ada di dalam air, meskipun tidak terlihat jelas oleh mata.
Figure 1: Irukatact perangkat sonar dalam air

Iruka sendiri di ambil dari bahasa Jepang yang mempunya arti lumba-lumba. Irukatact ini terbuat dari silikon dan dilengkapi pemancar mungil di setiap ujung jari-jari si pemakai, nantinya dari pemancar ini akan dikeluarkan gelombang yang akan memantul jika mengenai permukaan bawah air.

Irukatact ini nantinya akan memungkin kan manusia untuk melihat permukaan bawah laut meskipun dalam kondisi yang gelap. Irukatact dikembangkan oleh seorang ilmuwan Jepang bernama Chachin dan koleganya Takeshi Oozu yang sedang sama-sama masih proses dalam mengejar gelar PhD.

Chachin juga mengatakan semoga dengan temuannya ini akan membantu warga dunia dalam misi-misi bawah air, seperti penyelamatan dan juga ekplorasi bawah laut.

0 comments: