Pages

Sabtu, 06 Februari 2010

bagaimana menyelamatkan diri dalam kecelakaan pesawat terbang


1. Kenakan celana panjang, kaos lengan panjang, dan sepatu tak bertali
banyak kecelakaan pesawat yg terjadi dimana korban tidak langsung meninggal akibat impact (tabrakan atw ledakan ) tetapi akibat kedinginan (kalau kecelakaan terjadi di perairan atw pedalaman ) dan akibat pendarahan yang tak terkendali karena luka gores. nah, celana panjang dan lengan panjang dapat membantu setidaknya untuk mengurangi kemungkinan tubuh tergores akibat serpihan pesawat yg mengenai tubuh. sementara itu sepatu bertali memiliki potensi tali sepatu tersangkut di salah satu serpihan atw bagian pesawat

2. Pesanlah kursi yg "tepat"
kesempatan untuk menyelamatkan diri sebenarnya bergantung pada posisi kursi yg juragan ambil, karena peluang untuk menyelamatkan diri hanya terbuka tak lama setelah impact terjadi. posisi duduk disekitar pintu darurat dapat memberikan peluang yg lebih besar untuk keluar dari pesawat secepat mungkin. dan ternyata, sebagian besar korban selamat dalam suatu kecelakaan pesawat adalah mereka yg duduk di dekat pintu darurat.

3. Bacalah brosur panduan keselamatan dan perhatikan peragaan prosedur keselamatan dari awak kabin
sebaiknya agan-agan menyempatkan diri untuk membaca brosur keselamatan penerbangan saat sedang bepergian dengan pesawat terbang karena setiap pesawat memiliki prosedur dan instruksi keselamatan yg berbeda-beda sehingga kalau kecelakaan sudah tak terhindarkan, juragan sudah tahu paling tidak langkah awal dan posisi pintu darurat. jangan lupa perhatikan prosedur-prosedur keselamatan dan tata cara pemakaian masker oksigen dan pelampung yg diperagakan oleh awak kabin supaya kalo kecelakaan terjadi, agan tidak gelagapan masang masker oksigen atau pelampung.

4. Buatlah rencana penyelamatan
sedia payung sebelum hujan, sebaiknya begitu naik pesawat, agan-agan langsung merencanakan langkah-langkah penyelamatan dengan memperhatikan posisi pintu darurat, rute dari kursi agan ke pintu darurat, dan letak pelampung supaya begitu kecelakaan terjadi, agan bisa langsung bertindak cepat.

5. Tetap duduk tegak dengan sabuk pengaman terkunci
posisi ini merupakan posisi yang sangat aman terutama apabila terjadi turbulensi atau goncangan pada pesawat. sebaiknya tidak melepas sabuk pengaman dan tetap duduk tegak selama penerbangan (kecuali kalo mw k WC )

6. Amankan badan dan kepala
jika jarak kursi di depan cukup dekat, sebaiknya agan menyilangkan tangan kemudian menaruh di bahu kursi dan menyandarkan kening di atasnya. kalaw jarak kursi di depan terlalu jauh, sandarkan saja kening di hamparan paha kaki lalu kalungkan tangan di betis juragan. kalo sempet, sebaiknya agan ngambil bantal buat tatakan kepala.

7. Tenang
saat impak terjadi, biasanya keadaan langsung dipenuhi oleh kepanikan. tenangkan diri, berpikir rasional, dan berusahalah untuk keluar dari pesawat tanpa berdesak-desakan.

8. Kenakan masker oksigen sebelum menolong yg lain
dalam peragaan keselamatan, kita mungkin sudah bosan mendengar hal ini dari awak kabin. tapi perlu agan-agan ketahui kalau masalah dekompresi terjadi, agan hanya punya waktu 15 detik sebelum kehabisan oksigen dan pingsan.

9. Hindari asap

asap akibat kebakaran dalam pesawat umumnya tidak terlalu tebal, tapi hampir semua asap tersebut beracun. kalo asap memenuhi kabin, sebaiknya agan menutup mulut dan hidung dengan kain .

10. Segera menjauh dari pesawat
kita hanya punya waktu singkat untuk keluar dari pesawat. patuhi perintah awak kabin dan tinggalkan barang bawaan karena membawa barang bawaan membuat pergerakan agan semakin lambat. kalau bisa sebelum keluar, carilah tempat yg sekiranya aman melalui jendela sehingga bila sudah keluar, agan langsung menuju ke tempat tersebut.

11. Amankan diri sekitar 150 m dari pesawat
jika pesawat jatuh di daerah terpencil, agan sebaiknya tidak beranjak jauh dari bangkai pesawat karena tim penyelamat biasanya akan menyisir terlebih dahulu lokasi kecelakaan di sekitar bangkai pesawat. jangan terlalu dekat juga karena ledakan bisa terjadi sewakt-waktu. 150 m adalah jarak yg cukup aman. jika pesawat jatuh di air, menjauhlah sejauh-jauhnya terlebih dahulu dari pesawat, karena pesawat yg tenggelam bisa menyebabkan pusaran yg dapat ikut menyeret anda

0 comments: