Pages

Selasa, 09 Maret 2010

Dicari, Pengembang Java untuk BlackBerry


KursiTerbalik.com - Ternyata masih sangat sedikit programer di dunia yang mampu mengembangkan aplikasi Java untuk perangkat BlackBerry. Ini kesempatan bagi developer Indonesia.

"Sangat sulit cari pengembang Java untuk mobile. Sangat sedikit sekali," ungkap Kemal Arsjad, CEO Better-B di sela penandatanganan nota kesepakatan dengan Seamolec di Universitas Terbuka, Tangerang, Selasa (9/3/2010).

Better-B sendiri merupakan perusahaan pengembang aplikasi untuk BlackBerry yang telah menjadi anggota aliansi terdaftar dan diakui oleh Research in Motion (RIM) selaku vendor dan pemilik lisensi penyediaan layanan di perangkat multimedia tersebut.

"Kalau saat ini ada lima orang yang bisa (mengembangkan aplikasi Java untuk BlackBerry) semua saya ambil," kata Kemal kepada detikINET.

Itu sebabnya, Better-B yang saat ini dikenal sebagai pengembang aplikasi on device portal untuk XL Mall dan Kaskus, bersedia untuk bekerja sama dengan Seamolec (South East Asean Minister of Education Organization Regional Open Learning Center).

Tujuannya tentu saja, selain untuk sharing ilmu pengetahuan tentang bisnis aplikasi konten di ponsel, juga untuk mencari bakat yang bisa diajak untuk membantu Better-B mengembangkan bisnis usaha yang tengah dikembangkannya.

Seamolec sendiri merupakan organisasi nirlaba semacam corporate social responsibility (CSR) yang dibentuk Sun Microsystems untuk mengembangkan sektor pendidikan terbuka dan jarak jauh di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Salah satu program yang ada di Seamolec adalah JENI Asean Research Center (JARC).

JENI atau Java Education Network Indonesia merupakan kumpulan pembelajaran (modul on-line) yang siap dipelajari dan dikembangkan oleh para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dididik oleh Seamolec di kampus terbuka untuk umum ini.

"Kami harap kerjasama dengan JENI, bisa membantu untuk menumbuhkan minat siswa mengembangkan industri mobile sekaligus mendistribusikan aplikasinya secara worldwide melalui akses yang kami miliki lewat RIM dan BlackBerry," tandas Kemal.

Menurut Gatot Hari Priowirjanto, Direktur Seamolec, kerjasama ini sinergis dengan program pendidikan yang diterapkannya. "Ini bentuk sinergi bersama antara pengembangan bisnis dan dunia pendidikan," tandasnya.

sumber : detikinet.com

0 comments: