Pages

Selasa, 09 Februari 2010

Area Otak yang Bertanggung Jawab Ketika Kita Kehilangan Uang Telah Ditemukan

KURSITERBALIK.com - Para ahli saraf di Institut Teknologi California (Caltech) dan rekan-rekan mereka telah menemukan struktur spesifik di bagian otak yang bekerja dalam ketidak-mau-an akan kehilangan uang, yaitu amygdala.

Tim penelitian yang bertanggung jawab terdiri dari Benedetto de Martino, peneliti tamu Caltech dari University College London, bersama Colin Camerer, seorang ilmuwan Caltech, dan Ralph Adolph, professor bidang biologi.

Studi melibatkan eksaminasi dari 2 pasien yang amygdalae-nya telah rusak dikarenakan suatu penyakit genetik yang sangat langka bersama dengan orang-orang yang amygdala-nya tidak rusak, dengan sukarela berpartisipasi dalam sebuah tugas ekonomi yang bersifat percobaan.

Dalam tugas tersebut, mereka diberi pertanyaan apakah bersedia menerima beberapa jenis perjudian dalam hal keuangan, masing-masing dengan kemungkinan untung atau rugi yang berbeda. Sebagai contoh, mereka diberi pertanyaan apakah bersedia untuk berspekulasi dimana ada kemungkinan yang sama mereka menang $20 atau kalah $5 (resiko yang kebanyakan orang bisa terima) dan jika ada kemungkinan 50/50 untuk menang $20 atau kalah $20 (resiko dimana banyak orang akan menolak untuk mengambilnya). Mereka juga ditanyakan jika mereka mengambil spekulasi akan kemungkinan 50/50 untuk menang $20 atau kehilangan $15-resiko dimana banyak orang akan menolaknya, "walaupun ternyata hasil bersih yang diharapkan adalah positif," kata Adolphs.

Kedua pasien yang memiliki amygdala rusak mengambil resiko perjudian lebih sering dari partisipan yang memiliki amygdala sehat. Bahkan, grup pertama menunjukkan tidak ada rasa enggan untuk rugi, berbeda sangat kontras dengan partisipan dengan amygdala rusak.

"Rasa enggan untuk rugi telah dipelajari beberapa kali dalam perilaku ekonomi, tapi ini adalah yang pertama kalinya dimana pasien dilaporkan kurang secara menyeluruh," kata de Martino.

"Kami rasa ini menunjukkan bahwa amygdala adalah bagian penting untuk memicu rasa hati-hati dalam membuat keputusan yang spekulasi dimana kemungkinannya adalah kalah," jelas Camerer. Dia menambahkan, fungsi dari amygdala ini mungkin mirip dengan peranannya dalam rasa takut dan kecemasan.

"Rasa enggan merugi telah ditemui dalam banyak studi ekonomi, dari hal perdagangan untuk makanan hingga orang-orang dengan permainan beresiko tinggi. Namun ini bukti nyata pertama dari bagian otak khusus yang bertanggung jawab dalam ketakutan akan kehilangan." tambah Camerer.

(AVT)

1 comments:

mortgage refinancing mengatakan...

otak memang di ciptakan luar biasa ... sungguh ajaib