Pages

Kamis, 04 Maret 2010

Lexus CT 200h, Mobil Mewah Merambah ke Kelas Kompak

KursiTerbalik.com - Produsen mobil mewah mulai menyasar konsumen muda. Caranya dengan memproduksi mobil premium ukuran kompak. Itulah yang dicanangkan Lexus, produsen mobil premium asal Jepang, milik Toyota.

Produk terbaru Lexus yang disiapkan untuk anak muda tersebut adalah CT200h. Dengan embel-embel “h”, berarti mobil mewah ini menggunakan sumber tenaga hibrida. Itulah yang diandalkan Lexus.

Dengan sumber tenaga hibrida, konsumen akan memperoleh insentif berupa potongan pajak dari pemerintah. Maklum ini hemat energi dan ramah lingkungan pada negera tertentu. pada aspek lain, mobil ini tetap bisa memenuhi gairah anak muda untuk menguji sembari memperlihatkan kemewahan namun sangat peduli dengan lingkungan.

Evolusi LF-Ch. CT200h akan dipasarkan ke seluruh dunia mulai akhir tahun ini. Kendati demikian, sosok sejatinya sudah bisa dilihat pada Pameran Mobil Jenewa yang mulai dibuka untuk wartawan hari ini (2/3/2010). Lexus mengklaim, CT200h adalah mobil full-hybrid kompak pertama.

Mobil ini sebenarnya adalah evolusi dari konsep Lexus LF-Ch yang diperkenalkan di Pameran Mobil Frankfurt pada tahun lalu. Sedangkan rancangan evolusi dari L-finesse. Ini dapat dilihat dari bagian depan, yaitu bumper besar berukuran besar. Ciri khas lain, lampu kombinasi belakang berbentuk L.

Gaya Eropa. Karakteristik model atau penampilan, mengikuti gaya Eropa. Karena itulah pula, mobil ini tampil dengan postur 5 pintu hatchback. Jadi kalau masuk ke Indonesia tentu saja harga lebih murah dibandingkan sedan dengan pajak lebih tinggi.

Desain bodi, diklaim aerodinamis dan bisa mengurangi suara berisik angin yang menerobos lewat kaca jendela. Gril depan yang kokoh, memperlihatkan konsep LF-Ch dengan ditutup bumper berukuran besar. Posisi lampu depan lebih tinggi dari gril (ciri khas desain L-finesse) disertai dengan cahaya LED untuk siang hari.

Dua Zona. Interior menggabungan unsur metalik dan warna hitam untuk memberi kesan eksklusif dan dinamis. Permukaan interior nyaman disentuh karena dibuat dari materi berkualits tinggi. Dashboard dirancang dengan bentuk asimetris.

Kabin sangat lega karena jarak sumbu rodanya mencapai 2.600 mm. Lexus mengklaim, luas interior CT200h paling besar di kelasnya. Volume bagasi mencapai 345 liter dan bisa diperbesar 700 liter kalau jok belakang dilipat.

Menggunakan konsep interior Lexus masa depan dengan dashboard dua zona. Zona untuk informasi dengan layar LCD 8 inci. Sedangkan zona bawah untuk operasional dan sistem kontrol, antara lain tongkat transmisi dan tombol sentuh multi-fungsi.

Untuk menjaga performa, posisi pengemudi diset rendah. Rumah instrumen besar dalam bentuk dua bulatan dengan lampu yang bisa berubah jadi menjadi merah

Sumber Tenaga. Untuk sumber tenaga, hanya diinformasikan, menggunakan mesin 1,8 liter, VVT-i dengan motor listrik. Speks ini sama dengan Prius Gen-3. Pengemudi punya pilihan 4-mode: ECO dan NORMAL untuk memperoleh konsumsi bahan bakar yang irit dan kenyamanan dan SPORT bila ingin ngebut dan stabilitas yang lebih mantap.

Pada mode EV, motor listrik bisa digunakan untuk menempuh jarak 2 km an melaju sampai kecepatan tertinggi 45 km per jam.

Sebagai mobil premium, kendati menggunakan komponen dan teknologi sasis sama dengan mobil kompak kebanyakan, yaitu double wishbone, McPherson di depan dan lengan trailing di belakang, per koil, shock absorber, namun karakteristiknya dikembangkan secara khusus. Tujuannya, agar bisa menghasilkan kenyamanan dan pengendalian mantap dan hebat. Karena itu, CT200h dipasangi anti-roll bar sebagai komponen standar.

Maklum, target CT200h, selain pencinta lingkungan, adalah orang muda yang suka menguji nyali sekaligus memastikan gengsi!

Spesifikasi CT200h versi Eropa
Dimensi
Panjang
4.300 mm
Lebar
1.765 mm
Tinggi
1.430 mm
Jarak sumbu roda
2.600 mm
Trek depan dan belakang
1.525 mm
Mesin
1,8 liter, 4-silinder
Baterai
NiMH
Sistem gerak
Mesin depan, roda depan
Ukuran roda & ban
17 inci

sumber : kompas.com

0 comments: